Selasa, 07 Mei 2013

Penentuan Harga Permintaan dan Penawaran


Definisi Harga
Harga adalah suatu nilai tukar dari produk, barang maupun jasa yang dinyatakan dalam satuan moneter. Harga juga merupakan salah satu penentu keberhasilan suatu perusahaan karena harga menentukan seberapa besar keuntungan yang akan diperoleh perusahaan dari penjualan produknya baik berupa barang maupun jasa. Bila harga terlalu tinggi, penjualan akan menurun tapi jika harga terlalu rendah juga akan mengurangi keuntungan perusahaan.

Terbentuknya harga dan kuantitas keseimbangan pasar merupakan hasil kesepakatan antara pembeli dan penjual di mana kuantitas yang diminta dan yang ditawarkan sama besarnya. Jika keseimbangan ini telah tercapai, biasanya titik keseimbangan ini akan bertahan lama dan menjadi patokan pihak pembeli dan pihak penjual dalam menentukan harga. Sehingga terjadilah transaksi antara penjual dan pembeli.


Tujuan Penentuan Harga

 1)     Untuk endapatkan keuntungan sebesar-besarnya.
 2)     Untuk mempertahankan perusahaan.
 3)     Untuk meraih ROI (Return on Investment).
 4)     Untuk menguasai Pangsa Pasar.
 5)     Untuk mempertahankan status quo.


Pendekatan Dalam Penentuan Harga 
Ada tiga pendekatan dalam penentuan harga yaitu, pendekatan supply dan demand, pendekatan yang berorientasi ke biaya, dan pendekatan pasar. Pada prinsipnya ketiga pendekatan tersebut saling melengkapi. Dan dengan ketiga alat tersebut, perusahaan dijamin bahwa harga yang ditentukan akan menutupi biaya, menghasilkan keuntungan, dan citra produk yang baik pada konsumen.


Strategi Penentuan Harga Yang Bisa Digunakan
1. Skimming pricing: penentuan harga tinggi saat produk pertama memasuki pasar.
2. Penetraling pricing: penentuan harga rendah untuk menembus pasar dan mendapatkan pangsa pasar baru.
3. Odd pricing: penentuan harga dengan mengurangi sedikit dari jumlah tertentu (misal: Rp 9.995)
4. Follow the leader pricing: penentuan harga didasarkan pada harga yang ditentukan pemimpin pasar.
5. Price Lining: penentuan harga yang berbeda unutk tiap model produk yang berbeda dan jenis produk tertentu.
6. Relative Pricing: penentuan harga yang bisa jadi lebih besar, sama, atau lebih kecil dari pesaing.
7. Psychological pricing: praktek pemasaran didasarkan pada teori bahwa harga tertentu memiliki dampak psikologis.
8. Multiple unit pricing: Akan mendapatkan harga lebih murah jika membeli dalam jumlah besar.
9. Leader Pricing : Menjual barang yang menarik di bawah harga pasa.
10. Price discount: pemotongan berdasarkan persentase dari harga yang telah ditetapkan.

PERMINTAAN
Permintaan adalah jumlah barang atau komoditi yang diminta oleh pembeli untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sosial dalam suatu pasar ekonomi.

Hukum permintaan : apabila harga naik maka jumlah barang yang diminta akan mengalami penurunan, dan apabila harga turun maka jumlah barang yang diminta akan mengalami kenaikan.


Faktor-faktor yang Mempengaruhi Permintaan
Permintaan seseorang atau suatu masyarakat akan suatu barang ditentukan oleh banyak faktor. Diantara faktor-faktor tersebut yang terpenting adalah :

1. Harga barang : Semakin turun nilai harga barang, maka akan semakin banyak jumlah barang yang diminta dan sebaliknya semakin tinggi nilai harga barang, makan semakin dikit pula jumlah barang yang diminta.

2. Harga barang-barang subsitusi : Konsumen akan cenderung mencari barang atau jasa yang harganya relatif lebih murah untuk dijadikan alternatif penggunaan.

 3. Pendapatan masyarakat :  Orang yang punya gaji dan tunjangan yang besar dapat membeli banyak barang yang dia inginkan. Tapi jika pendapatannya rendah seseorang cenderung akan mengirit pemakaian dan pembelian barang agar tidak terlalu banyak pengeluarannya.

4. Selera dan prilaku seseorang atau masyarakat : Jika selera konsumen terhadap barang tertentu meningkat maka permintaan terhadap barang tersebut akan meningkat pula.

5. Jumlah penduduk. : Pertambahan penduduk juga akan memengaruhi jumlah barang yang diminta. Jika jumlah penduduk dalam suatu wilayah bertambah banyak, maka barang yang diminta juga akan meningkat.

Fungsi permintaan ( demand function) adalah persamaan yang menunjukkan hubungan antara jumlah permintaan suatu barang dan semua faktor-faktor yang mempengaruhinya.


Qd = f ( Pq, Ps.i, Y, S, D)
Ket:

•Qd : Jumlah barang yang diminta
•Pq  : harga barang itu sendiri
•Ps.i : harga barang pengganti(subtitusi)
• Y     : Pendapatan
•S     : selera
•D     : jumlah penduduk


Macam-Macam Permintaan
Permintaan dapat dibedakan menjadi beberapa kelompok, antara lain permintaan berdasarkan daya beli dan jumlah subjek pendukung.

  1. Permintaan Menurut Daya Beli.
Berdasarkan daya belinya, permintaan dibagi menjadi tiga macam, yaitu permintaan efektif, permintaan potensial, dan permintaan absolut.
2.      Permintaan Menurut Jumlah Subjek Pendukungnya.
Berdasarkan jumlah subjek pendukungnya, permintaan terdiri atas permintaan individu dan permintaan kolektif.

PENAWARAN
Penawaran adalah jumlah barang yang akan diproduksi dan ditawarkan untuk dijual dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat sosial dalam suatu pasar ekonomi.

Hukum penawaran berbunyi: bila tingkat harga mengalami kenaikan maka jumlah barang yang ditawarkan akan naik, dan bila tingkat harga turun maka jumlah barang yang ditawarkan turun.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penawaran
1. Harga barang itu sendiri
2. Harga barang-barang lain (barang-barang substitusi)
.3. Biaya produksi
4. Tujuan-tujuan perusahaan
5. Pajak
6. Tingkat teknologi yang digunakan
7. Perkiraan harga barang di masa datang

Kurva Penawaran :
  Qs = f (Pq, Pl.i, C, O, T)
Ket :
  • Qs : jumlah barang yang ditawarkan
  • Pq : harga barang itu sendiri
  • Pl.i : harga barang-barang lain (i = 1,2, ….,n)
  • O : tujuan-tujuan perusahaan
  • T : tingkat teknologi yang digunakan. 

sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thanks For Reading