Definisi Harga
Harga
adalah suatu nilai tukar dari produk, barang maupun jasa yang dinyatakan dalam
satuan moneter. Harga
juga merupakan salah satu penentu
keberhasilan suatu perusahaan karena harga menentukan seberapa besar keuntungan
yang akan diperoleh perusahaan dari penjualan produknya baik berupa barang
maupun jasa. Bila harga terlalu tinggi, penjualan
akan menurun tapi jika harga terlalu rendah juga akan
mengurangi keuntungan perusahaan.
Terbentuknya
harga dan kuantitas keseimbangan pasar merupakan hasil kesepakatan antara
pembeli dan penjual di mana kuantitas yang diminta dan yang ditawarkan sama
besarnya. Jika keseimbangan ini telah tercapai, biasanya titik keseimbangan ini
akan bertahan lama dan menjadi patokan pihak pembeli dan pihak penjual dalam
menentukan harga. Sehingga terjadilah transaksi antara penjual dan pembeli.
Tujuan Penentuan Harga
1) Untuk endapatkan
keuntungan sebesar-besarnya.
2) Untuk mempertahankan
perusahaan.
3) Untuk meraih
ROI (Return on Investment).
4) Untuk menguasai
Pangsa Pasar.
5) Untuk mempertahankan
status quo.
Pendekatan Dalam Penentuan Harga
Ada
tiga pendekatan dalam penentuan harga yaitu,
pendekatan supply dan demand, pendekatan yang berorientasi ke biaya, dan
pendekatan pasar. Pada prinsipnya ketiga pendekatan tersebut saling melengkapi. Dan dengan
ketiga alat tersebut, perusahaan dijamin bahwa harga yang ditentukan akan
menutupi biaya, menghasilkan keuntungan, dan citra produk yang baik pada
konsumen.
Strategi Penentuan Harga Yang Bisa Digunakan
1. Skimming pricing: penentuan harga
tinggi saat produk pertama memasuki pasar.
2. Penetraling pricing: penentuan harga rendah untuk menembus
pasar dan mendapatkan pangsa pasar baru.
3. Odd pricing: penentuan harga dengan mengurangi
sedikit dari jumlah tertentu (misal: Rp 9.995)
4. Follow the leader pricing: penentuan harga
didasarkan pada harga yang ditentukan pemimpin pasar.
5. Price Lining: penentuan harga yang berbeda unutk
tiap model produk yang berbeda dan jenis produk tertentu.
6. Relative Pricing: penentuan harga yang bisa jadi lebih
besar, sama, atau lebih kecil dari pesaing.
7. Psychological pricing: praktek pemasaran
didasarkan pada teori bahwa harga tertentu memiliki dampak psikologis.
8. Multiple unit pricing: Akan mendapatkan
harga lebih murah jika membeli dalam jumlah besar.
9. Leader Pricing : Menjual barang yang menarik di bawah harga
pasa.
10. Price discount: pemotongan berdasarkan persentase dari
harga yang telah ditetapkan.
PERMINTAAN
Permintaan
adalah jumlah barang atau komoditi yang diminta oleh pembeli untuk memenuhi
kebutuhan masyarakat sosial dalam suatu pasar ekonomi.
Hukum
permintaan : apabila harga naik maka jumlah barang yang diminta akan mengalami
penurunan, dan apabila harga turun maka jumlah barang yang diminta akan
mengalami kenaikan.
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Permintaan
Permintaan
seseorang atau suatu masyarakat akan suatu barang ditentukan oleh banyak
faktor. Diantara faktor-faktor tersebut yang terpenting adalah :
1. Harga barang : Semakin turun nilai harga barang, maka akan semakin banyak jumlah barang yang diminta dan sebaliknya semakin tinggi nilai harga barang, makan semakin dikit pula jumlah barang yang diminta.
2. Harga barang-barang subsitusi : Konsumen akan cenderung mencari barang
atau jasa yang harganya relatif lebih murah untuk dijadikan alternatif
penggunaan.
3. Pendapatan masyarakat : Orang
yang punya gaji dan tunjangan yang besar dapat membeli banyak barang yang dia
inginkan.
Tapi jika pendapatannya rendah seseorang cenderung akan mengirit pemakaian dan pembelian barang agar
tidak terlalu banyak pengeluarannya.
4. Selera dan prilaku seseorang atau masyarakat : Jika selera konsumen
terhadap barang tertentu meningkat maka permintaan terhadap barang tersebut
akan meningkat pula.
5. Jumlah penduduk. : Pertambahan penduduk juga akan
memengaruhi jumlah barang yang diminta. Jika jumlah penduduk dalam suatu
wilayah bertambah banyak, maka barang yang diminta juga akan
meningkat.
Fungsi permintaan ( demand function) adalah persamaan yang menunjukkan hubungan antara jumlah permintaan suatu barang dan semua faktor-faktor yang mempengaruhinya.
Fungsi permintaan ( demand function) adalah persamaan yang menunjukkan hubungan antara jumlah permintaan suatu barang dan semua faktor-faktor yang mempengaruhinya.
Qd
= f ( Pq, Ps.i, Y, S, D)
Ket:
•Qd
: Jumlah barang yang diminta
•Pq
: harga barang itu sendiri
•Ps.i
: harga barang pengganti(subtitusi)
•
Y : Pendapatan
•S
: selera
•D
: jumlah penduduk
Macam-Macam Permintaan
Permintaan
dapat dibedakan menjadi beberapa kelompok, antara lain permintaan berdasarkan
daya beli dan jumlah subjek pendukung.
- Permintaan Menurut Daya Beli.
Berdasarkan daya belinya, permintaan
dibagi menjadi tiga macam, yaitu permintaan efektif, permintaan potensial, dan
permintaan absolut.
2.
Permintaan Menurut Jumlah
Subjek Pendukungnya.
Berdasarkan jumlah subjek pendukungnya,
permintaan terdiri atas permintaan individu dan permintaan kolektif.
PENAWARAN
Penawaran
adalah jumlah barang yang akan diproduksi dan ditawarkan untuk dijual dalam
rangka memenuhi kebutuhan masyarakat sosial dalam suatu pasar ekonomi.
Hukum
penawaran berbunyi: bila tingkat harga mengalami kenaikan maka jumlah barang
yang ditawarkan akan naik, dan bila tingkat harga turun maka jumlah barang yang
ditawarkan turun.
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penawaran
1. Harga barang itu sendiri
2. Harga barang-barang lain (barang-barang substitusi)
.3. Biaya produksi
4. Tujuan-tujuan perusahaan
5. Pajak
6. Tingkat teknologi yang digunakan
7. Perkiraan harga barang di masa datang
Kurva
Penawaran :
Qs = f (Pq, Pl.i, C, O, T)
Ket
:
- Qs : jumlah barang yang ditawarkan
- Pq : harga barang itu sendiri
- Pl.i : harga barang-barang lain (i = 1,2, ….,n)
- O : tujuan-tujuan perusahaan
- T : tingkat teknologi yang digunakan.
sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar