Sabtu, 19 Oktober 2013

Bahasa Indonesia


Bicara tentang bahasa, sebelumnya kita harus mengetahui terlebih dahulu apa arti dari bahasa itu sendiri. Menurut wikipedia, bahasa adalah kapasitas khusus yang ada pada manusia untuk memperoleh dan menggunakan sistem komunikasi yang kompleks, dan sebuah bahasa adalah contoh spesifik dari sistem tersebut. Singkatnya, bahasa adalah sarana untuk berkomunikasi.

Di Indonesia sendiri terdapat ragam bahasa yang cukup banyak. Seperti bahasa padang, bahasa sunda, bahasa banjar, dan sebagainya. Tapi pada kesempatan ini, yang akan saya bahas adalah mengenai bahasa persatuan kita, yaitu Bahasa Indonesia.

Dari tahun ke tahun, bahasa Indonesia mengalami perkembangan dan perubahan. Karenanya, tidak menutup kemungkinan bahwa bahasa persatuan kita tercampur atau dimasuki oleh bahasa asing. Dewasa ini kita tidak jarang menemukan penggunaan bahasa Indonesia yang salah, atau kurang tepat akibat perkembangan bahasa dari jaman ke jaman. Belum lagi remaja-remaja sekarang sering menggunakan bahasa mereka sendiri yang lebih dikenal sebagai bahasa gaul untuk berkomunikasi.

Kemudian timbul pertanyaan, seperti apa bahasa Indonesia yang baik dan benar itu? Kenapa kita harus menggunakannya?

Bahasa Indonesia yang baik dan benar adalah bahasa Indonesia yang sesuai dengan kaidah (tata bahasa) bahasa Indonesia. Dan seperti yang sudah saya katakan sebelumnya bahwa bahasa Indonesia adalah bahasa persatuan. Bila kita berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia yang tidak tepat, atau bahasa gaul yang saat ini sedang menjadi tren, besar kemungkinan ada orang yang tidak mengerti dengan apa yang kita katakan.

Bukan berarti kita harus menggunakan bahasa formal setiap saat. Tapi ada saatnya juga kita tidak boleh memakai bahasa non-formal, seperti berbicara kepada orang yang lebih tua atau kepada orang yang lebih tinggi jabatannya, karena terkesan kurang sopan. Selain itu, untuk menulis gagasan ilmiah, lamaran peerjaan, laporan, dan sebagainya juga kita diharuskan untuk menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Karenanya, tidak ada salahnya bila kita membiasakan diri untuk menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar secara lisan terutama tulisan.

Faktor penunjang dalam penulisan yang baik dan benar :
  v  Ragam bahasa
  v  Ejaan
  v  Diksi
  v  Kalimat
  v  Alinea dan pengembangannya
  v  Perencanaan penulisan karangan ilmiah
  v  Kerangka karangan
  v  Kutipan dan catatan kaki

  v  Abstrak dan daftar pustaka

     Sumber  : 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thanks For Reading