Sabtu, 30 November 2013

Manfaat Belajar Subuh

Dalam Islam, kita diajarkan untuk selalu bangun sebelum fajar untuk melaksanakan sholat subuh, dan dilarang untuk kembali tidur setelah sholat subuh. Tentu saja Allah tidak akan memerintahkan atau melarang sesuatu tanpa alasan. Benar saja, penelitian mutakhir dalam ilmu medis barat telah mengungkap manfaat kebiasaan bangun diwaktu subuh. Menurut para ahli di bidang kesehatan, udara di sepertiga malam sangat segar dan kaya akan oksigen. Selain itu sekitar pukul 03.00-05.00 udara yang masih bersih dari zat-zat lain sangat bermanfaat dan dapat mengoptimalkan proses metabolisme tubuh. Pada waktu itu juga terjadi proses pembuangan zat racun atau detoksin pada bagian paru-paru. Karena itu, orang yang terbiasa bangun subuh lebih kecil peluang terkena penyakit pernapasan dan paru-paru seperti TBC.

Bukan hanya menguntungkan dalam hal kesehatan, banyak penelitian juga sudah membuktikan bahwa belajar diwaktu subuh jauh lebih efektif daripada belajar hingga larut malam. Kenapa?

1.    Pada subuh hari otak dapat bekerja lebih optimal karena kondisi tubuh yang masih segar. Sedangkan pada malam hari tubuh sudah lelah akibat aktifitas sepanjang hari.
2.    Otak membutuhkan oksigen 20% dari kebutuhan tubuh agar dapat berfungsi secara optimal. Dan seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bahwa pada sepertiga malam adalah waktu yang kaya akan oksigen.
3.    Otak memproduksi lebih banyak hormon yang dapat mempertajam daya ingat pada subuh hari. Sehingga pelajaran yang dipelajari pada sepertiga malam tersebut akan lebih cepat masuk.
4.    Saat kita tidur, tubuh memproduksi hormon serotonin yang dapat meningkatkan kemampuan kita dalam memecahkan suatu masalah, dan membuat kita dapat berfikir lebih cepat.
5.    Dengan suasana yang tenang di subuh hari juga dapat membuat otak menjadi lebih mudah dalam berkonsentrasi.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thanks For Reading