Kamis, 27 Oktober 2011

Ilmu Sosial Dasar Sebagai Salah Satu Mata Kuliah Dasar Umum

Mahasiswa lulusan perguruan tinggi (sarjana) diharapkan dapat menjadi sarjana yang cakap dan ahli dalam bidangnya, sehingga mampu mengabdikan keahliannya dibidang yang positif, dan untuk kepentingan masyarakat Indonesia dan umat manusia. Untuk itu, sarjana-sarjana diharapkan mempunyai seperangkat kemampuan seperti kemampuan akademik, kemampuan profesi, serta kemampuan pribadi.
Pencapaian kemampuan akademik dan kemampuan profesi dapat didapatkan melalui MKK, yaitu mata kuliah keahlian menurut bidang ilmu pengetahuan yang diberikan di perguruan tinggi. 
Sedangkan kemampuan pribadi akan didapatkan melalui Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) yang dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama meliputi mata kuliah Agama, Pancasila, Kewiraan, dan Pendidikan Sejarah Perjuangan Bansa yang diharapkan memberi pedoman untuk menjadi warga negara terpelajar yang baik, dan berwawasan luas.
Kelompok kedua meliputi mata kuliah Ilmu Alamian Dasar (IAD), Ilmu Budaya Dasar (IBD), dan Ilmu Sosial Dasar (ISD). Kelompok ini diharapkan dapat meningkatkan kepekaan mahasiswa tentang alam, lingkungan sosial, dan budaya.

Tema pokok perkuliahan lSD sebagai bagian dari MKDU adalah hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungannya.


1. PENGERTIAN DAN TUJUAN ISD


Ilmu  Sosial  Dasar  adalah  pengetahuan yang  menelaah  masalah-masalah sosial, khususnya yang diwujudkan oleh  masyarakat Indonesia yang berasal  dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu  sosial seperti sejarah, ekonomi, geografi  sosial,  sosiologi, antropologi, psykologi  sosial.

Ilmu Sosial  Dasar  bukan gabungan  dari  ilmu-ilmu  sosial  yang dipadukan, tetapi Ilmu Sosial Dasar  juga tidak   mempunyai obyek  dan metode  ilmiah  tersendiri dan juga ia tidak mengembangkan suatu  penelitian  sebagai  mana  suatu  disiplin  ilmu, seperti  ilmu-ilmu sosial  di atas.

Ilmu Sosial  Dasar merupakan suatu bahan studi atau Program  Pengerjaan yang khusus dirancang untuk kepentingan pendidikan/pengajaran yang di Indonesia diberikan di Perguruan  Tinggi.

Mata kuliah ini diberikan dalam  rangka  usaha  untuk  memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang  konsep-konsep yang dikembangkan guna mengkaji  gejala-gejala sosial  agar daya tanggap, persepsi  dan penalaran mahasiswa dalam  menghadapi lingkungan sosialnya dapat  ditingkatkan, sehingga  lebih  peka  terhadapnya.

Adapun tujuan  pembinaan ISD adalah sebagai berikut :

a.       Memahami  dan   menyadari  adanya  kenyataan-kenyataan  sosial   dan masalah-masalah sosial  yang  ada  dalam  masyarakat.

b.      Peka terhadap  masalah-masalah sosial dan tanggap  untuk ikut serta dalam usaha-usahamenanggulanginya.

c.       Menyadari bahwa  setiap  masalah  sosial  yang  timbul  dalam  masyarakat selalu  bersifat  kompleks  dan hanya dapat  mendekatinya mempelajarinya) secara  kritis-interdisipliner.

d.      Memahami  jalan pikiran  para ahli dari bidang  ilmu pengetahuan lain dan dapat   berkomunikasi  dengan   mereka   dalam   rangka   penanggulangan masalah  sosial  yang  timbul  dalam  masyarakat.


2.        ILMU SOSIAL DASAR DAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL


Ilmu Sosial Dasar (lSD) dan llmu Pengetahuan Sosial (IPS) memiliki beberapa persamaan, diantaranya merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan, mempunyai materi dari kenyataan dan masalah sosial, serta bukan merupakan disiplin ilmu sendiri.

Namun keduanya juga memiliki perbedaan, yaitu :


a.       Ilmu Sosial Dasar diberikan di Perguruan Tinggi, sedangkan Ilmu Pengetahuan
Sosial  diberikan di Sekolah  Dasar  dan  Sekolah  Lanjutan.

b.       Ilmu  Sosial   Dasar   merupakan  satu   matakuliah  tunggal,  sedang   Ilmu Pengetahuan Sosial  merupakan kelompok  dari  sejumlah   mata  pelajaran (sejarah, geografi, ekonomi, dan lain-lain).

c.       Ilmu Sosial  Dasar diarahkan untuk membentuk sikap dan kepribadian, sementara Ilmu  Pengetahuan Sosial diarahkan untuk membentuk pengetahuan dan  ketrampilan intelektual.


3. RUANG LINGKUP ILMU SOSIAL DASAR


Setelah mengidentifikasi kenyataan sosial, dan memahami sejumlah konsep sosial tertentu, maka bahan  pelajaran  Ilmu Sosial  Dasar dapat  dibedakan atas  tiga  golongan   yaitu  :

1.      Kenyataan  sosial   yang  ada  dalam   masyarakat.

Kenyataan-kenyataan  sosial   yang secara bersama merupakan masalah sosial tertentu ini mendapat tanggapan yang berbeda dari para ahli  ilmu-ilmu sosial,  karena  adanya  perbedaan  Jatar belakang disiplin  ilmu atau sudut pandangannya. Dalam Ilmu Sosial  Dasar kita menggunakan pendekatan interdisiplin/multidisiplin.

2.    Konsep atau   pengertian tentang   kenyataan­ sosial  dibatasi   pada  konsep  dasar  atau  elementer saja  yang sangat diperlukan  untuk mempelajari  masalah-masalah sosial yang dibahas dalam  Ilmu  Pengetahuan sosial. Contohnya adalah  konsep "keanekaragaman" dan  kosep  "Kesatuan  sosial".  

Bertolak   dari  kedua konsep  tersebut  di  atas,  maka  dapat  kita  pahami  dan sadari   bahwa  di dalam  masyarakat selalu  terdapat persamaan dan perbedaan kepentingan, dan pola pemikiran, serta tingkah laku. Dan perbedaan tersebut yang sering menyebabkan konflik, kerja sama, dan kesetiakawanan antar individu, maupun golongan atau kelompok.

3.  Masalah-masalah  sosial yang timbul dalam masyarakat. 
 
Konsorsium  Antar  Bidang  telah  menetapkan  bahwa  perkuliahan  Ilmu Sosial  Dasar  terdiri  dari 8  (delapan)  pokok  bahasan dan ruang  lingkup  perkuliahan  llmu  Sosial Dasar diharapkan mempelajari  dan memahami adanya  :

1.    Berbagai  masalah   kependudukan  dalam   hubungannya  dengan perkembangan  masyarakat  dan kebudayaan.
2.     Masalah  individu,  keluarga  dan masyarakat.
3.     Masalah  pemuda dan sosialisasi.
4.     Masalah  hubungan  antara  warga negara dan negara.
5.     Masalah  pelapisan  sosial  dan kesamaan derajat.
6.     Masyarakat  perkotaan  dan masyarakat  pedesaan.
7.     Masalah  pertentangan-pertentangan sosial dan integrasi.
8. Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kemakmuran dan kesejahteraan   masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thanks For Reading