Sabtu, 29 Oktober 2011

Individu, Keluarga, dan Masyarakat

PERTUMBUHAN INDIVIDU
A. Pengertian Individu
  Individu berasal dari kata latin yang bermakna yang tak terbagi. Jadi, individu merupakan sebutan yang dipakai untuk menyatakan kesatuan yang paling kecil dan terbatas. Individu adalah manusia yang tidak hanya memiliki peran khas dalam lingkungan sosialnya, namun juga mempunyai kepribadian dan tingkah laku spesifik dirinya.

B. Pengertian Pertumbuhan
  Pertumbuhan adalah suatu proses perubahan menuju hal yang lebih maju dan lebih dewasa. Namun para ahli yang beraliran asosiasi berpendapat bahwa pada dasarnya pertumbuhan adalah proses asosiasi, yaitu terjadinya perubahan setahap demi setahap karena pengaruh pengalaman maupun empiris luar.
 Aliran Psikologis Gestalt memiliki pendapat lain tentang pertumbuhan. Menurut mereka, pertumbuhan adalah proses diferensiasi.
 Selain itu kita juga mengelan konsep aliran sosiologi dimana para ahli menganggap bahwa pertumbuhan itu adalah proses sosialisasi yaitu perubahan sifat mula-mula yang asosial atau juga sosial kemudian secara bertahap disosialisasikan.

C. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan
  • Pendirian Nativistik. Para ahli golongan ini berpendapat bahwa pertumbuhan individu semata-mata dipengaruhi oleh faktor sejak lahir.
  • Pendirian Empiristik dan Environmentalistik.  Para ahli berpendapat bahwa pertumbuhan individu semata-mata benrgantung pada lingkungan, dan dasar tidak berperan sama sekali.
  • Pendirian Konvergensi dan Interaksionisme. Para ahli aliran ini menyatakan bahwa interaksi antara dasar dan lingkungan dapat menentukan pertumbuhan individu.
D. Tahap Pertumbuhan IndividuBerdasarkan Psikoligi
     Pertumbuhan individu sejak kecil hingga dewasa melalui empat fase yaitu :
  • Masa Vital (usia 0 - 2 tahun)
  • Masa Estetik (usia 2 - 7 tahun)
  • Masa Intelektual (usia 7 - 13 atau 14 tahun)
  • Masa Sosial atau Masa Remaja (usia 13 atau 14 - kira-kira 21 tahun)
FUNGSI-FUNGSI KELUARGA

Keluarga adalah satuan masyarakat terkecil, sekaligus kelompok terkecil dalam masyarakat. Kelompok ini biasanya terdiri dari istri, dan suami yang kemudian melahirkan individu lain (anak). Keluarga sangat berpengaruh langsung terhadap perkembangan individu.
Fungsi-Fungsi keluarga dapat digolongkan menjadi :
1.) Fungsi Biologis.
      Keluarga diharapkan dapat menyelenggarakan persiapan perkawinan bagi anak-anaknya.

2.) Fungsi Pemeliharaan
     Keluarga wajib untuk melindungi setiap anggotanya dari gangguan penyakit, bahaya, dan berusaha menyediakan rumah, dan lain-lain.

3.) Fungsi Ekonomi
     Keluarga berusaha memenuhi kebutuhan pokok manusia yaitu pangan, papan, dan sandang serta obat-obatan.

4.) Fungsi Keagamaan
     Keluarga berkewajiban untuk mengenalkan ilmu agama, serta mengamalkan dan menghayati Pancasila sebagai ideologi negara Indonesia.

5.)Fungsi Sosial
    Keluarga memperkenalkan nilai-nilai serta sikap yang dianut masyarakat dan mempelajari peranan yangdiharapkan akan dijalankan oleh anak-anaknya kelak agar terjadi pewarisan kebudayaan.

PENGERTIAN MASYARAKAT

Masyarakat adalah suatu kelompok manusia yang memiliki tatanan kehidupan, norma-norma, dan adat istiadat yang sama-sama ditaati dalam lingkungannya.
Dalam pertumbuhan dan perkembangan suatu masyarakat, dapat digolongkan menjadi dua, yaitu :
1.) Masyarakat Sederhana. Pada lingkungan masyarakat sederhana (primitif) ini pembagian kerja dibedakan menurut jenis kelamin. Mengurus rumah tangga, mengasuh anak, merajut adalah pekerjaan kaum perempuan. Sementara menangkap ikan di laut, yang membutuhkan keberanian besar merupakan pekerjaan laki-laki.

2.) Masyarakat Maju. Dalam lingkungan masyarakat maju dapat dibedakan menjadi masyarakat non industri dan masyarakat industri. Masyarakat non industri terbagi menjadi masyarakat primer (keluarga, rukun tangga, kelompok belajar, dan lain-lain) dan masyarakat sekunder (partai politik, organisasi profesi, dan sebagainya). Sedangkan Masyarakat industri menggunakan variasi pembagian kerja dasar untuk mengklarifikasikan masyarakat sesuai tarif perkembangannya.Contohnya seperti tukang roti, ahli mesin, dal sebagainya.

HUBUNGAN ANTARA INDIVIDU, KELUARGA, DAN MASYARAKAT


Manusia adalah makhluk individu. Keluarga biasanya terdiri dari seorang individu (suami) dan individu lainnya (istri). Sedangkan kumpulan dari beberapa keluarga bisa disebut sebagai masyarakat. Dan dapat dikatakan bahwa keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat.

URBANISASI DAN URBANISME


Urbanisasi adalah perpindahan masyarakat desa ke kota. Proses urbanisasi sudah terjadi hampir diseluruh dunia.

Secara umum, penyebab terjadinya urbanisasi adalah :
  1. Daerah yang termasuk menjadi pusat pemerintahan atau ibukota, seperti Jakarta
  2. Tempat tersebut strategis, dan sangat cocok untuk membangun usaha perdagangan atau perniagaan.
  3. Timbulnya industri di daerah tersebut yang memproduksikan barang-barang maupun jasa-jasa.



      Tidak ada komentar:

      Posting Komentar

      Thanks For Reading