Kamis, 10 November 2011

Hilangnya Kebudayaan Indonesia

Tema : Penduduk, Masyarakat dan Kebudayaan.

Kebudayaan adalah hasil karya masyarakat yang biasanya diturunkan dari generasi ke generasi oleh masyarakat setempat. Setiap daerah tentu memiliki kebudayaan sendiri. Tak perlu melihat negara lain, Indonesia saja memiliki banyak kebudayaan yang berbeda disetiap daerahnya.
Kebudayaan itu sendiri terbagi menjadi dua, yaitu kebudayaan material, dan non material.

A. Kebudayaan material adalah kebudayaan yang berupa benda yang dapat dijamah. Macam-macam kebudayaan material di Indonesia diantaranya :

1. Batik

Batik adalah salah satu warisan Indonesia yang sangat berharga.Batik sudah mulai dikenal masyarakat sejak zaman kerajaan Majapahit. Hingga saat ini, motif dari kain batik itu sendiri sudah sangat beragam , dan setiap daerah memiki motif batik khas daerah masing-masing. Seperti batik Pekalongan, batik Jogja, batik Solo, batik Banjarmasin, batik Aceh, batik Kraton, dan banyak lagi.
Bukan hanya motif, teknik pembuatan batik pun beragam caranya. Ada batik lukis, batik cap, dan yang sangat tradisional adalah batik tulis. Pembuatan batik tulis dapat menghabiskan waktu sekitar 2 sampai 3 bulan.
Contoh motif batik dan teknik pembuatan batik tulis
2.Gerabah
Gerabah adalah sejenis kendi yang dibuat menggunakan tanah liat. Sebelumnya, pembuatan gerabah dilakukan oleh para wanita. Namun sekarang, kaum laki-laki pun sudah banyak yang mahir membuat gerabah. Proses pembuatan gerabah cukup panjang. Dimulai dari proses pemilihan tanah liat. Tanah liat yang diambil adalah tanah yang berwarna merah cokelat, atau putih kecokelatan. Kemudian, tanah liat didiamkan beberapa hari dan digiling secara manual menggunakan kaki agar tanah liat menjadi halus. Setelah itu barulah dimulai proses pembentukan. Proses pembentukan ini dilakukan dengan kedua tangan dan kaki pekerja, serta sebuah meja putar untuk meletakkan tanah liat. Setelah selesai, tanah liat yang sudah berbentuk kendi itu dijemur dan dibakar agar kandungan air didalamnya hilang. Setelah gerabah benar-benar kering, proses terakhir adalah pewarnaan. Gerabah-gerabah tersebut dihias dengan warna-warna agar tampak lebih menarik.

3. Rumah Adat
Setiap daerah di Indonesia memiliki rumah adat yang menjadi khas atau budaya tersendiri. Berikut ini adalah sebagian dari rumah adat yang ada di Indonesia :
* Rumah Gadang, dari Sumatera Barat
* Rumah Joglo, dari Jawa Tengah
* Rumah Lamin, dari Kalimantan Timur,
* Rumah Tongkonan, dari Sulawesi Selatan,
* Rumah Honai, dari Papua, dan lain-lain.

B. Kebudayaan non material adalah kebudayaan yang bersifat abstrak. Macam-macam kebudayaan material di Indonesia diantaranya :

1. Tari-tarian
Banyak sekali jenis tari-tarian yang menjadi kebudayaan Indonesia. Beberapa tarian yang umumnya dikenal oleh masyarakat Indonesia diantaranya :
* Tari Kecak, dan Tari Barong (Bali)
* Tari Piring, dan Randai (Sumatra Barat)
* Tari Saman (Aceh)
* Tari Musyoh (Irian Jaya), dan lain-lain.
Tari Piring dari Sumatra Barat
Tari Kecak dari Bali
2. Lagu-Lagu Daerah
Misalnya : Lagu Bubuy Bulan dari Jawa Barat, Apuse dari Papua, Rasa Sayang-Sayange dari Maluku, Bungong Jeumpa dari Aceh, Indung-Indung dari Kalimantan Timur, Ayam Den Lapeh dari Sumatra Barat, Ampar-Ampar Pisang dari Kalimantan Selatan, Potong Bebek Angsa dan Anak Kambing Saya dari Nusa Tenggara Timur, dan banyak lagi.

3. Dongeng-Dongeng
Sebenarnya Indonesia memiliki banyak dongeng dan cerita rakyat, seperti Malin Kundang, Sangkuriang, Lutung Kasarung, Timun Mas, Si Kancil, Asal Usul Danau Toba, Legenda Candi Prambanan, dan lain-lain. Namun sayang, dewasa ini dongeng maupun cerita rakyat tersebut sudah tidak terlalu diindahkan lagi oleh masyarakat.

Sebenarnya masih banyak lagi kebudayaan milik Indonesia. Indonesia adalah negara yang kaya akan kebudayaan. Namun sayangnya, masyarakat sekarang ini jarang sekali ada yang peduli dengan kebudayaan Indonesia. Kebudayaan Indonesia mulai hilang, bahkan beberapa dari kebudayaan Indonesia sempat diklaim oleh negara lain.

Hilangnya kebudayaan Indonesia sebagian besar dipengaruhi oleh masuknya kebudayaan barat. Masyarakat Indonesia tampaknya lebih senang menggunakan kebudayaan barat yang dinilai lebih bagus dan populer. Dongeng-dongeng serta cerita rakyat sudah digantikan posisinya oleh film-film buatan masyarakat barat dan sinetron-sinetron yang kurang bermanfaat. Lagu-lagu daerah tersingkirkan oleh lagu beraliran rock, jazz, dan lain-lain. Tarian-tarian pun sekarang sudah tidak begitu diminati, karena ada dance, atau tari modern khas barat yang dianggap lebih memiliki daya tarik dengan gerakan dan kostum yang terbuka.

Bukan hanya itu, pertunjukan wayang, dan permainan tradisional pun sudah nyaris hilang. Anak-anak zaman sekarang lebih memilih bermain permainan elektronik seperti Playstation, PSP, Handphone, Laptop, Remotr Control, dan sebagainya. Termasuk juga cara berpakaian. Sekarang ini, para remaja, anak-anak, maupun orang dewasa sudah banyak yang meniru cara berpakaian masyarakat barat yang serba terbuka. Sebagian dari mereka menganggap bahwa pakaian minim itu lebih fashionable.

Jangan biarkan kebudayaan kita hilang begitu saja. Mari kita jaga dan kita lestarikan kebudayaan Indonesia, agar tidak ada lagi kebudayaan Indonesia yang hilang atau diambil negara lain.

1 komentar:

  1. http://taipannnewsss.blogspot.com/2018/03/mana-lebih-penting-kecantikan-fisik.html
    http://taipannnewsss.blogspot.com/2018/03/kisah-pria-dengan-kanker-penis-ini.html
    http://taipannnewsss.blogspot.com/2018/03/insiden-tembalkan-dan-ledakan-terjadi.html

    QQTAIPAN .ORG | QQTAIPAN .NET | TAIPANQQ .VEGAS
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 7 Permainan.
    • BandarQ
    • AduQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • WA: +62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    • BB : 2B3D83BE
    Come & Join Us!

    BalasHapus

Thanks For Reading