Kamis, 13 November 2014

Jaringan Wireless dan Terminal

Jaringan Wireless

Jaringan wireless atau nirkabel adalah bidang disiplin yang berkaitan dengan komunikasi antar sistem konputer tanpa menggunakan kabel. Penggunaan jaringan wireless pada jaringan computer pada jarak dekat (beberapa meter saja) memakai alat pemancar Bluetooth, sedangkan pada jarak jauh menggunakan satelit. Jenis jaringan yang popular dalam kategori jaringan wireless ini melipuki karingan kawsan local nirkabel (wireless LAN/WLAN), dan Wi-Fi.

Jaringan nirkabel biasanya menghubungkan suatu sistem computer dengan sistem lainnya menggunakan beberapa macam media transmisi tanpa kabel, seperi gelombang radio, gelombang mikro, dan infrared.

Jaringan wireless dikategorikan dalam beberapa bentuk, yaitu :

1. Personal Area Network (PAN).
Memiliki jangkauan yang relatif pendek (sekitar 15m) dan hanya efektif untuk kebutuhan dalam ruang sempit, dan memiliki bit rate mencapai 2 Mbps. Contoh : Bluetooth

2. Local Area Network (LAN).
Jaringannya mencakup wilayah kecil, seperti jaringan computer kampus, gedung, perkantoran, rumah, sekolah, dan lain-lain. Memiliki kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s.

3. Metropolitan Area Network (MAN)
Merupakan jenis jaringan komputer yang lebih luas dan canggih. Jaringan ini dapat digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer antar kota. Contoh : jaringan Depdiknas antar kota atau wilayah.

4. Wide Area Network (WAN)
Teknologi jaringan WAN biasa digunakan untuk menghubunggan jaringan antar negara, hingga antar benua. Jaringan ini biasanya menggunakan kabel fiber optik yang ditanamkan dalam tanah maupun melewati jalur bawah laut.

Cara kerja wireless serupa dengan jaringan Ethernet kabel, yaitu dengan mengirim data dalam bentuk paket, dimana setiap adapter memiliki nomor ID permanen dan unik yang berfungsi sebagai alamat, dan tiap paket selain berisi data juga menyertakan alamat pengirim dan penerima paket tersebut. Sama halnya dengan adapter Ethernet, sebuah kartu wireless LAN akan memeriksa kondisi jaringan terlebih dahulu sebelum mengirim paket kedalamnya. Paket akan segera dikirimkan bila jaringan dalam keadaan kosong. Bila kartu mendeteksi adanya data lain yang sedang menggunakan frekuensi radio, maka dia akan mengunggu dan kemudian memeriksa kembali hingga jaringan dalam keadaan kosong.

Walaupun menggunakan prinsip kerja yang sama, tetapi kecepatan pengiriman data dan frekuensi yang digunakan wireless LAN berbeda berdasarkan jenis atau produk yang dibuat, tergantung standar yang digunakan. Vendor wireless LAN biasanya menggunakan beberapa standar seperti : IEEE 802.11, IEEE 802.11b, OpenAir, dan HomeRF.

Terminal

Terminal adalah peralatan yang mengakses layanan melalui jaringan yang bersifat terpisah (remote) melalui saluran telekomunikasi. Terminal dibagi atas 3 jenis, yaitu :

1. Terminal Dungu (Dumb). Yaitu terminal yang berfungsi mengantarkan setiap karakter yang dikirim ke host dan menampilkan apa saja yang dikirim oleh host.

2. Terminal Smart. Yaitu terminal yang tidak hanya mengantar informasi yang dikirim user, namun juga informasi tambahan seperti kode tertentu untuk menghindari kesalahan data.

3. Terminal Pintar (Intelligent). Yaitu terminal yang dapat diprogramkan untuk membuat fungsi-fungsi tambahan seperti kontrol terhadap penyimpanan dan menampilkan lay-out data dari host dengan lebih bagus.

Pada saat terminal/client melakukan booting, garis besar proses yang dijalankan adalah :
1) Mencari alamat ip dari dhcp server
2) Mengambil kernel dari tftp server
3) Menjalankan sistem file root dari nfs server
4) Mengambil program x-server ke dalam memory dan mulai menjalankannya
5) Melakukan hubungan dalam xdm server dan user login ke dalam xdm server

Telematika terminal termasuk kedalam salah satu contoh dari layanan informasi. Sistem telematika biasanya menyediakan berbagai layanan aplikasi untuk sopir ketika mengemudi. Sehingga sistem telematika meliputi terminal yang telah ditetapkan disebut sebagai terminal telematika yang dipasang dalam kendaraan.

Telematika terminal termasuk fungsi komunikasi untuk berkomunikasi dengan server atau beroperasi dalam hubungannya dengan komunikasi mobile terminal seperti telepon portable. Secara umum, terminal telematika tidak memiliki perangkat layar sehingga dapat memberi informasi gambar, misalnya paduan rute dengan memanfaatkan perangkat tampilan seperti liquid crystal display (LCD) dari terminal komunikasi mobile.

http://niswatul.wordpress.com/2011/11/17/pengertian-jaringan-lan-man-wan-dan-internet/

http://nindityakharisma.blogspot.com/2010/01/contoh-telematics-services.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thanks For Reading