Rabu, 12 November 2014

TELEMATIKA DAN PERKEMBANGANNYA

Kata telematika berasal dari bahasa perancis, yaitu telematique yang artinya merujuk kepada bertemunya sistem jaringan komunikasi dan teknologi informasi. Teknologi Informasi sendiri merupakan sarana dan prasarana, sistem, dan mode untuk perolehan, pengiriman, penerimaan, pengolahan, penafsiran, penyimpanan, pengorganisasian, dan penggunaan data yang bermakna. Istilah telematics yang merupakan singkatan dari “telecommunication” dan “informatics” juga sering dikenal sebagai “the new hybrid technology” yang lahir karna perkembangan teknologi digital. Perkembangan ini juga mempengaruhi perkembangan teknologi komunikasi dan informatika sehingga menjadi lebih terpadu.

Menurut Miarso(2007) Telematika merupakan sinergi teknologi telekomuniasi dan informatika yang digunakan untuk keperluan pemrosesan data dengan sistem binary (digital). Telekomunikasi merupakan sistem hubungan jarak jauh yang terjalin melalui saluran kabel dan nirkabel. Sedangkan Informatika adalah pengelolaan data yang bermakna dengan sistem binary. Istilah Teknologi dan Komunikasi yang dikenal belakangan ini bermaksud untuk memperluas pengertian dari telematika. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Telematika merupakan konvergensi antara teknologi telekomunikasi, media, dan informatika yang digunakan untuk keperluan pemrosesan data dengan sistem binary/digital.

Dalam perkembangannya, istilah “media” dalam telematika berkembang menjadi wacana “multimedia”. Pada awalnya, istilah multimedia merupakan kemampuan sistem komputer untuk mengolah informasi berbagai mediym. Sehingga istilah telematika yang dipahami sebagai akronim telekomunikasi, multimedia, dan informatika menjadi sesuatu yang ambigu dan membingungkan.

Fungsi Telematika
Sesuai dengan pengertian telematika sebagai sarana komunikasi, maka fungsi dari telematika adalah :
1. Penyampai Informasi. Telematika berfungsi untuk menyampaikan informasi kepada semua orang yang membutuhkan. Informasi yang diterima akan menambah pengetahuan sehingga manusia bisa terus melakukan peningkatan terhadap keterampilan hidup, menambah kecerdasan, dan meningkatkan kesadaran serta wawasan.

2. Sarana komunikasi (penghubung). Telematika juga berfungsi sebagai sarana kontak social hidup bermasyarakat, karena dengan adanya interaksi social akan menimbulkan kebersamaan, keakraban, dan kesatuan yang melahirkan kerjasama.

Ragam Bentuk Telematika
1. E-Goverment
E-Government dibangun dengan tujuan untuk administrasi pemerintah secara elektronik, serta untuk peningkatan interaksi antara pemerintah dengan masyarakat, dan sesama unsur pemerintah dalam lingkuo nasional hingga internasional.

2. E-Commerce
Prinsip e-commerce adalah transaksi perdagangan (jual beli) yang dilakukan secara elektronik. Mulai dari pemasangan iklan pada berbagai situs, membuat pesanan atau kontrak, transfer uang, pengiriman dokumen, hingga membuat claim. E-Commerce juga dikenal sebagai e-bussines.

3. E-Learning
Di Indonesia saat ini sudah berkembang pendidikan terbuka dengan modus belajar jarak jauh dengan menggunakan media internet berbasis web. Peranan web atau situs sekolah/kampus cukup sentral dalam kegiatan pembelajaran karena dapat menghubungkan antara pengajar dengan yang diajar, seperti melihat hasil perolehan belajar, pengecekan jadwal belajar, pengiriman naskah tugas dan sebagainya dapat dilakukan secara online.

Perkembangan Telematika
Pada awalnya telematika dikembanggkan disisi internet. Telematika lahir ketika teknologi telekomunikasi sudah digunakan untuk menghubungkan antar computer yang saat itu sudah tersebar luas. Pada tahun 1976 telematika lahir menjadi jawaban dari keprihatinan yang terjadi masa itu di Perancis, ketika perkembangan aplikasi computer merubah organisasi ekonomi dan social masyarakat.

Hampir semua bidang memanfaatkan telematika, khususnya bidang telekomunikasi yang berfokus pada pertukaran data yang menjadi kebutuhan konsumen seperti telekomunikasi melalui telepon, saluran TV, radio, dan media lainnya. Dalam penerapannya, telematika menggunakan teknologi pengiriman, penerimaan, dan penyimpanan informasi melalui perangkat telekomunikasi dalam hubungannya dengan pengaruh pengendalian objek jarak jauh. Dalam penerapan di bidang navigasi, telematika membutuhkan perangkat GPS (Global Positioning System) sebagai perangkat pengiriman data. Kemudian data telematika diterima oleh layanan seluler dan diteruskan kepada pelanggan. Dan data telematika tersebut disimpan oleh pelanggan pada device telekomunikasi seperti handphone, pda, dan smartphone.

Contoh teknologi telematika bidang telekomunikasi adalah handphone, pager (alat telekomunikasi pribadi untuk mengirim dan menerima pesan pendek), smartphone.
Contoh teknologi telematika bidang transportasi adalah Toyota yang melakukan pengembangan pada salah satu produknya yang memiliki layanan navigasi yang menyediakan informasi dan peta mengenai lokasi penting seperti hotel, rumah sakit, hingga dealer.
Contoh teknologi telematika bidang pemerintahan adalah e-goverment seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Trend ke depan Telematika
Trend telematika pada umumnya akan selalu berkembang, melihat perkembangan dan pemanfaatannya saat ini. Selain itu para pakar telematika juga tenga berlomba-lomba untuk mengembangkan dan menciptakan inovasi-inovasi baru demi menunjang dan mempermudah kebutuhan hidup manusia. Bisa dilihat dari jaman penciptaan komputer yang kemudian berkembang menjadi notebook dan laptop agar kita lebih mudah dan praktis membawanya.

Saat ini, trend telematika yang sedang banyak dilakukan adalah penciptaan robot yang dapat melakukan tugas manusia dan membantu pekerjaan hidup manusia. Sehingga besar kemungkinan suatu saat nanti manusia akan memasuki era robotik.

sumber : http://uzi-online.blogspot.com/2012/10/definisi-perkembangan-dan-trend-kedepan.html
http://akhwal.blogspot.com/2010/11/trend-telematika-di-indonesia-pada.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thanks For Reading