Minggu, 11 Desember 2011

Vocaloid

Tema : Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Kemiskinan.

Sejak jaman dulu, manusia sudah menggunakan teknologi, walaupun masih sederhana seperti memecahkan kemiri dengan batu, memetik buah dengan galah, menangkap ikan dengan tombak, dan sebagainya. Tapi kemudian, teknologi itu semakin berkembang dari jaman ke jaman, dan semakin canggih. Teknologi dapat didefinisikan sebagai cara melakukan sesuatu dan berfungsi untuk membantu manusia memenuhi kebutuhannya dengan alat dan akal.
Kemajuan teknologi berkalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Walaupun kemajuan teknologi ini menimbulkan dampak negatif seperti penipuan dan pornografi, tapi banyak sekali dampak positif yang dihasilannya, seperti kemudahan memperoleh informasi, mempermudah interaksi serta komunikasi, mempercepat pekerjaan, serta dapat membantu melancarkan usaha perdagangan dengan cara melakukan jual beli online yang dikenal sebagai e-commerce. Berkaitan dengan perkembangan teknologi, kali ini saya akan membahas tentang salah satu perkembangan teknologi yang dikenal dengan vocaloid.


Vocaloid atau Vocal Android adalah software yang bisa menghasilkan suara nyanyian seperti manusia. Singkatnya, vocaloid adalah program suara sintesis (voice syntesizer). Vocaloid pertama kali diliris pada tanggal 26 Februari 2003 oleh Yamaha Corporation. Segera setelah peuncuran vocaloid, para pengguna Nico Nico Douga (sebuah situs di Jepang yang menyerupai YouTube) mulai menampilkan video-video yang berisi lagu hasil ciptaan perangkat lunak tersebut.Cara kerja vocaloid adalah dengan memasukan komposisi musik atau notasi serta lirik kedalam layar penyunting vocaloid, dengan teknik penyambung dan pembentuk artikulasi nyanyian dengan domain frekuensi. Suara nyanyian tersebut diambil dari pustaka suara yang merupakan sampling atau hasil duplikasi suara dari penyanyi atau pengisi suara film anime, yang disebut sebagai seiyuu, yang tidak dijual terpisah oleh Yamaha. Dalam hal ini, vocaloid sangat membantu para musisi untuk menciptakan lirik lagu beserta musik tanpa harus mendatangkan penyanyi dan pemain musik secara fisik. Vocaloid juga dilengkapi dengan fitur-fitur yang dapat menghasilkan suara getar dan pitch bends dari duplikasi suara yang dihasilkan tanpa harus menggunakan komputer yang super canggih. Vocaloid juga dapat dioperasikan pada komputer dengan sistem operasi Windows 2000 atau Windows XP. Vocaloid menyanyikan lirik lagu dalam bahasa Inggris dan bahasa Jepang. Tapi menurut kabar belakangan ini, vocaloid dapat menyanyikan lirik dalam bahasa Indonesia, walau masih menggunakan logat Jepang.

Tampilan Software Vocaloid :


Pada tahun 2005, vocaloid berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Electronic Musician 2005 Editors Choise Award dengan kategori Most Innovative Product melalui produk ZERO-G Vocaloid 1.02 Leon (suara pria dengan aliran musik soul) dan Lola (suara wanita dengan aliran musik soul).
Kemudian pada tahun 2007, Crypton Future Media membuat karakter-karakter yang lucu, cantik, juga tampan dari vocaloid tersebut yang kemudian dikenal sebagai Vocaloid 2. Lahirnya karakter seperti Hatsune Miku seakan memberi sihir bagi perkembangan vocaloid yang dengan pesatnya merambah jauh diluar perkiraan. Dalam sekejap, vocaloid sudah menjadi trend diseluruh dunia, termasuk Indonesia. Karakter-karakter vocaloid yang sama menariknya seperti anime memang menjadi salah satu poin utama suksesnya software tersebut. Karena tokoh-tokoh seperti anime tersebut sangat disukai para remaja, anak-anak, bahkan orang dewasa. Saya sendiri sangat menyukai karakter Hatsune Miku dan sikembar Kagamine Rin dan Kagamine Len. Menurut saya, suara dari ketiga karakter tersebut sangat merdu dan lembut. Berikut ini adalah beberapa karakter dalam vocaloid :
1. Hatsune Miku (Vocaloid 2, Wanita)

















2. Kagamine Rin (Vocaloid 2, Wanita) dan Kagamine Len (Vocaloid 2, Pria)
3. Megurine Luka (Vocaloid 2, Wanita)
 4. Gackupo atau Gackpoid (Vocaloid 2, Pria)

















5. Kaito (Vocaloid 1, Pria)
















 
Selain penambahan karakter yang lucu, Vocaloid 2 juga memiliki beberapa fitur baru yang lebih unggul dibanding vocaloid pertama, seperti pencatatan audisi, pelacak kontrol transparan, beralin antara pemutaran dan pembuatan, dan pengaturan ekspresi yang digunakan. Selain itu, suara hembusan nafas serta suara serak juga terekam kedalam pustaka suara demi menampakan efek suara yang lebih realistis. Yamaha juga merancang vocaloid 2 untuk iPhone dan iPad.

Pada tanggal 21 Oktober 2011 silam, Yamaha kembali meluncurkan perangkat lunak penghasil suara yang disebut sebagai Vocaloid 3. Software ini dilengkapi dengan Vocalistener yang dapat menyesuaikan parameter iteratif dari penyanyi yang digunakan untuk menghasilkan suara sintesis yang alami. Vocaloid 3 juga mendukung bahasa lainnya seperti Cina, Korea, dan Spanyol. Selain itu, berbeda dengan vocaloid 1 dan vocaloid 2, software dan pustaka suara pada vocaloid 3 dijual secara terpisah.

Vocaloid juga memiliki beberapa produk derivatif seperti :
a. Vocaloid-flax
    Yaitu software yang dapat menghasilkan nyanyian yang berbasis pada mesin Vocaloid, yang sudah berisi sintesis berbicara (speech synthesizer). Pengguna dapat mengedit sistem fonologi yang lebih canggih dibandingkan Vocaloid lain sehingga bisa mendapatkan bahasa pidato yang lebih mirip. Perangkat lunak ini juga digunakan pada robot HRP-4C di CEATEC Jepang pada tahun 2009, dan pada video game Metal Gear Solid: Peace Walker yang dirilis pada tanggal 28 April 2010.
b. VocaListener
    VocaListener adalah software nyanyian sintesis (singing synthesizer) yang menjadi parameter untuk nyanyian sintesis dari suara penyanyi yang digunakan dengan bantuan lirik lagu.
c. MikuMikuDance
    MikuMikuDance atau yang bisa disingkat dengan MMD adalah program yang dapat menggerakan karakter tertentu dalam 3D. Awalnya, MMD dibuat oleh HiguchiM, yang menginginkan Miku (salah satu karakter vocaloid) dapat bergerak sesuai keinginan pengguna. Tapi kemudian, MMD tidak hanya digunakan untuk menggerakan Miku saja, tapi juga berbagai karakter vocaloid lainnya, hingga tokoh-tokoh anime. Software MMD ini sangat banyak diminati karena menarik dan dapat didownload secara bebas. Biasanya, mereka yang menggunakan MMD untuk membuat PV untuk lagu-lagu Vocaloid sendiri, yang disebut MMD VOCALOID PV.
Contoh MMD VOCALOID PV yang ada dijaring YouTube :


 d. NetVocaloid
    NetVocaloid adalah layanan suara sintesis secara online. Jadi, pengguna dapat menjalankan Vocaloid pada server tanpa harus memiliki atau mendownload software Vocaloid tersebut.
e. MDDAgent
    Yaitu layanan yang dapat digunakan untuk berinteraksi dengan model 3D dari maskot Vocaloid, yang sudah tersedia di Internet. Layanan ini dikembangkan oleh International Voice Engineering Institute di Nagoya Institute of Technology.
f. NetVocalis
   NetVocalis adalah layanan yang dikembangkan oleh Bplats yang memiliki fungsi serupa dengan NetVocaloid.
g. Selain software, Vocaloid juga sudah dikembangkan menjadi perangkat keras yang dikenal dengan nama Vocaloid-Board.

1 komentar:

Thanks For Reading